Bagaimana Teknik Pemrograman Pikiran Agar Termotivasi Olahraga ?

“Ibarat bukan pendaki gunung yang disuruh untuk mendaki gunung, begitu juga seseorang yang bukan olahragawan yang diminta untuk berolahraga.” ~ Juli Triharto

Seberapa sering Anda sudah memutuskan untuk memulai gaya hidup aktif dengan berolahraga tetapi berujung  menyedihkan, rasa malas datang dan seolah hilang semua tekad olahraga, dan berakhir pada gaya hidup malas lagi ?

Seberapa sering Anda sudah mendaftar keanggotaan Gym hingga membeli peralatan lengkap untuk berolahraga, seperti sepatu khusus olahraga, kaos olahraga, tempat minum yang didesain memudahkan Anda bawa-bawa selama olahraga, tas keren yang bertuliskan merk-merk besar di dunia olahraga, bahkan tidak ketinggalan gelang tangan yang menambah aksesoris menunjukan bahwa Anda serius, tetapi berujung sia-sia karena hanya bertahan 1-2 bulan saja setelah itu ‘goodbye’ dengan tempat Gym anda, atau seolah gak kenal lagi dengan Personal Trainer yang sibuk menghubungi Anda untuk latihan kembali?

Saya akan membantu Anda jika betul itu adalah kondisi yang Anda alami, sebelumnya saya adalah Juli Triharto, Founder & Master MindSlim, dan menulis beberapa buku, diantaranya adalah The Secret of Slimming Hypnolangsing, sudah lebih dari 5 tahun berkecimpung dalam dunia pemrograman pikiran, pernah mengasuh rubrik Get Slim & Strong di Majalah Fitness, hingga saat ini  membantu klien-klien yang ingin bugar tubuhnya dan turun berat badan tanpa menggunakan jarum, pil, diet. Murni menggunakan Pemrograman Pikiran.

“Olahraga adalah apapun yang anda gerakan dengan tubuh Anda, yang membuat nafas anda lebih dalam dan detak jantung anda lebih meningkat” 

Yuk perbaiki dulu mindset kita mengenai olahraga; agar pikiran sadar dan bawah sadar kita menjadi mudah menerima apa yang nanti akan saya sarankan ke Anda. Dan tentunya kita sadari bahwa olahraga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Jika tidak keliru mengutip kata-kata Ki Hajar Dewantara, “Lebih baik bangkit duduk daripada tiduran, lebih baik bangkit berdiri daripada sekedar duduk, dan lebih baik bangkit berjalan daripada sekedar berdiri.” maka ini yang saya jadikan acuan bagi Anda, bahwa sebenarnya Anda semua sudah berolahraga dalam setiap aktifitas Anda, dan tidak harus terikat definisi olahraga harus di tempat khusus, alat khusus dan waktu khusus. Tetapi jika bagi Anda olahraga artinya adalah seperti itu; yaitu harus waktu khusus, tempat khusus, dan kostum khusus, maka saya sarankan bagi Anda untuk menyelami kalimat ini “Olahraga bagus untuk Kebugaran dan Kelenturan, tetapi bukan untuk turun berat badan.”

 

Malas Olahraga

 

Nah sekarang Anda sudah siap berolahraga ?

Saya kalau sudah bergerak, sangat menikmati, Tetapi Kadangkala Rasa Malas Sering Menghampiri Di Saat Saya Ingin Mulai Olahraga, Bagaimana Cara Agar Saya Termotivasi?

 

Saya sudah memiliki alat khusus, sudah punya kesempatan waktu untuk berolahraga, tetapi kok ya rasa malas selalu hadir ?

Skala Keinginan bergerak saya hanya di angka 2 atau 3, bagaimana caranya supaya naik diatas 5 atau bahkan bisa menjadi 8, yaitu saya termotivasi untuk berolahraga?

 

Yuk ikuti apa yang saya instruksikan dibawah ini, silakan dibaca seluruh instruksinya lebih dahulu, baru kemudian Anda praktekan:

1. Bangkitlah berdiri, berdirilah didepan cermin tarik nafas dan buang nafas Anda sembari Anda rasakan keseimbangan tubuh Anda

2. Ketuk-ketuk punggung tangan kiri Anda, sembari Anda putar bola mata anda searah jarum jam dan sebaliknya

3. Hitung dari angka 1 meningkat hingga 5, kemudian bergumam dengan lagu yang Anda suka dan menggembirakan Anda.

4. Perhatikan desain alami tubuh Anda yang Langsing, Sehat, dan Energetik

(jika kesulitan melihat tubuh Anda karena menurut Anda kenyataannya adalah gemuk, tidak sehat dan tidak energetik, maka BERPURA-PURALAH Anda seolah melihat tubuh langsing, sehat, dan energetik) singkirkan kritik dari dalam diri Anda (inner critics), jika mudah jangan mempersulit diri di langkah ini.

Nah sekarang masuk ke langkah melatih Imajinasi Anda.

active

 

6. Bergeraklah selucu dan seaktif mungkin didepan cermin, seolah Anda berada di tempat olahraga yang Anda inginkan (gym, kolam renang, lapangan golf, dan sebagainya).

7. Tetap jaga gerakan fisik Anda ini seolah betul-betul Anda nyata sedang berolahraga ditempat itu, hayati dan rasakan sementara otot-otot Anda sedang menyesuaikan diri.

8. Sementara bernafas bebas, rasakan seolah Anda nyata berada di tempat olahraga, lihat sekeliling Anda ada siapa saja, ada alat apa saja, imajinasikan

9. Dengarkan suara-suara yang biasanya muncul saat Anda berada di tempat olahraga

10. Rasakan gerakan-gerakan otot Anda, sembari Anda merasakan  ada ‘rasa’ aliran darah yang semakin lancar, degup jantung bahkan Anda dapat ‘rasa’ nafas Anda yang mulai lebih dalam.

11. Perbesar volume suaranya, perkuat intensitas ‘rasa’ dan lihat diri Anda mulai bergerak aktif, lebih bugar dan lebih sehat.

12. Berhentilah sejenak, dan rasakan motivasi bergerak Anda meningkat menjadi berapa ? kemudian ulangi sekarang mulai dari instruksi pertama untuk lebih meningkatkannya lagi.

Nah setelah Anda membaca instruksi ini, saatnya bagi Anda untuk melakukannya. Selamat berolahraga!

“Obstacle to FIT body is UNFIT mindset.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>